Modern Dressing – perawatan luka modern

Perkembangan perawatan luka (wound care ) berkembang dengan sangat pesat di dunia kesehatan. Metode perawatan luka yang berkembang saat ini adalah perawatan luka dengan menggunakan prinsip moisture balance, dimana disebutkan dalam beberapa literature lebih efektif untuk proses penyembuhan luka bila dibandingkan dengan metode konvensional.

Perawatan luka dengan menggunakan prinsip moisture balance ini dikenal sebagai metode modern dressing dan memakai alat ganti balut yang lebih modern. Metode tersebut belum begitu familiar bagi perawat di Indonesia, khususnya perawat di RSU Banyumas.

Metode perawatan luka modern dressing ini telah berkembang di Indonesia terutama rumah sakit besar di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Yogyakarta, dan Surabaya, sedangkan di rumah sakit-rumah sakit setingkat Kabupaten, perawatan luka menggunakan modern dressing tersebut masih belum berkembang dengan baik, sehingga merupakan peluang dan terobosan bagi Rumah Sakit Banyumas dalam pengembangan pelayanan khususnya pelayanan keperawatan.

Beberapa waktu yang lalu beberapa perawat RSU Banyumas telah mengikuti pelatihan yang diselenggarakan oleh himpunan perawat spesialisas yang bergerak dibidang perawatan luka, ostomy dan inkontinensia yang dikenal dengan dengan WOCARE (Wound Ostomy and Incontinentia Care) atau yang dikenal sebagai perawat ETN (Enterostomal Therapy Nursing). Hasil pelatihan yang diselenggarakan oleh RS Darmais Jakarta tersebut telah dilakukan aplikasi terhadap beberapa pasien baik di rumah sakit maupun pasien home care dengan hasil yang baik bagi perkembangan luka pasien.

Pada tanggal 16 April yang lalu Komite Keperawatan bekerjasama dengan Tim Home Care RSU Banyumas mengadakan workshop perawatan luka terkini dengan prinsip “moisture balance” bagi perawat yang tergabung dalam Tim Home Care RSU Banyumas.

Dalam workshop tersebut kita didukung oleh Suprasorb salah satu produsen modern dressing yang berpusat di german, pada kesempatan tersebut dilakukan presentasi produk olaeh Mas Adro Product Executive Suprasorb dari Prodevice Jakarta.

Foto kegiatan workshop perawatan luka terkini bagi perawat Tim Home Care

Baca Konsep Modern Dressing lengkap KLIK DISINI

Lihat balutan Modren dressing dan cara kerja / penggunaannya KLIK DISINI

Baca konsep dan cara perawatan Luka / ulkus Diabetes KLIK DISINI

Berita Terkini

↑ Grab this Headline Animator

13 pemikiran pada “Modern Dressing – perawatan luka modern

  1. bisa minta artikel tentang moisture balance lebih lengkap ga? kan ilmu lebih berguna&berharga kalau dibagi2 kan? terima kasih sebelumnya…

  2. waqduh-waduh, mantep banet blognya, terimakasih ilmunya ya. mau nanya kalo RS banyumas teh yang udah di IT-in Askepnya bukan?

  3. Terimakasih buat mba Rita dan mas Adimasmw untuk artikel modern dressing moisture balance menyusul ya… Betul mas kita RS yg askepnya pake IT info lanjut bisa baca di posting yg lain atau klik di blogroll Anis fuadi blog sama nursing informatic .. salam kami dari banyumas

  4. bagus banget…..thanks banget buat informasinya….jadi nambah ide buat bikin skripsi…klo boleh diah minta data-data pasien yang udah sembuh dengan pemakaian metode ini..terutama di RSU Banyumas sendiri….tanks be4

  5. keren banget blog ini.
    kalo boleh aku minta dolumentasi kunjungan dari para perawat RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun Kalimantan Tengah bulan lalu.
    soalnya aku pengen tau gimana kegiatan mereka di RSU Banyumas.
    thanks a lot….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s